Tupoksi

TUGAS POKOK, FUNGSI DAN RINCIAN TUGAS

  1. Kepala Dinas
  • Kepala Dinas  mempunyai tugas pokok membantu Bupati melaksanakan urusan Pemerintahan bidang pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, pengendalian penduduk dan keluarga berencana yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan yang ditugaskan kepada Pemerintah Daerah.

 

  • Kepala Dinas dalam melaksanakan tugaspokok  sebagaimana  dimaksud  pada ayat (1) menyelenggarakan fungsi sebagai berikut:
  1. perumusan kebijakan tekhnis di bidang pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, pengendalian penduduk dan keluarga berencana;
  2. penyelenggaraan urusan pemerintahandan pelayanan umum bidang pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, pengendalian penduduk dan keluarga berencana;
  3. pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, pengendalian penduduk dan keluarga berencana;
  4. pengelolaan administrasi umum meliputi ketatalaksanaan, keuangan, kepegawaian dan peralatan;
  5. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan urusan pemerintahan di bidang pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, pengendalian penduduk dan keluarga berencana;dan
  6. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan berkaitan dengan tugas pokok organisasi guna mendukung kinerja organisasi.

 

  • Tugas pokok dan fungsi Kepala Dinas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) dirincisebagai berikut:
  1. merumuskan kebijakan tekhnis di bidang pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, pengendalian penduduk dan keluarga berencana;
  2. menyelenggarakan urusan pemerintahandan pelayanan umum bidang pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, pengendalian penduduk dan keluarga berencana;
  3. membina dan menyelenggarakan pelaksanaan tugas di bidang pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, pengendalian penduduk dan keluarga berencana;
  4. melaksanakan administrasi umum meliputi ketatalaksanaan, keuangan, kepegawaian dan peralatan;
  5. melakukan evaluasi dan pelaporan urusan pemerintahan di bidang pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, pengendalian penduduk dan keluarga berencana;dan
  6. melaksanakan tugas lain yang diberikan olehatasan berkaitan dengan tugas pokok organisasi guna mendukung kinerja organisasi.

 

  1. Sekretariat

 

  • Sekretariat dipimpin oleh Sekretaris  yang mempunyai tugas pokok membantu Kepala Dinas dalam mengoordinasikan kegiatan, memberikan pelayanan administrasi tekhnis dan administrasi penyusunan program, keuangan, umum dan kepegawaian dalamlingkungan Dinas.

 

  • Untuk melaksanakan tugaspokok sebagaimana dimaksud pada ayat(1), Sekretaris mempunyai fungsi sebagai berikut:
  1. pengoordinasian pelaksanaan tugas dalam lingkungan Dinas;
  2. pengoordinasian penyusunan program dan pelaporan;
  3. pengoordinasian pengelolaan administrasi keuangan;
  4. pengoordinasian urusan umum dan kepegawaian; dan
  5. pelaksanaan tugas lain yang diberikan olehatasan berkaitan dengan tugas pokok organisasi guna mendukung kinerja organisasi.

 

  • Tugas pokok dan fungsi Sekretarissebagaimana dimaksud ayat (1) dan (2) dirinci sebagai berikut:
  1. mengoordinasikan pelaksanaan tugas dalam lingkungan Dinas;
  2. mengoordinasikan penyusunan program dan pelaporan;
  3. mengoordinasikan pengelolaan administrasi keuangan;
  4. mengoordinasikan urusan umum dan kepegawaian; dan
  5. melaksanakan tugas lain yang diberikan olehatasan berkaitan dengan tugas pokok organisasi guna mendukung kinerja organisasi.

 

  • Sub Bagian Program

 

  • Sub Bagian Program dipimpin oleh Kepala Sub Bagian yang mempunyai tugas pokok membantu Sekretaris dalam menyusun program dan laporan kinerja.

 

  • Tugas pokok Kepala Sub Bagian sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dirincisebagai berikut:
    1. menyusun rencana kegiatan Sub Bagian Program sebagai pedoman dalam melaksanakan program;
    2. menyusun standar operasional prosedur dalam pelaksanaan kegiatan pada sub  bagian program;
    3. menyusun Rencana Kerja dan Anggaran dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran Dinas;
    4. menyusun rencana kinerja, dokumen perjanjian kinerja  Dinas;
    5. memfasilitasi penyusunan rencana kinerja, rencana aksi dan lapo ran kinerja masing- masing jabatan di lingkungan Dinas;
    6. menyusun laporan kinerja Dinas meliputi laporan bulanan, triwulanan, semesteran dan laporan kinerja tahunan; dan
    7. melaksanakan tugas lain yang diberikan olehatasan berkaitan dengan tugas pokok organisasi guna mendukung kinerja organisasi.

 

  • Sub Bagian Keuangan

 

  • Sub Bagian Keuangan dipimpin oleh Kepala Sub Bagian yang mempunyai tugas pokok membantu Sekretaris dalam mengelola administrasi keuangan.

 

  • Tugas pokok Kepala Sub Bagian sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dirincisebagai berikut:
    1. menyusun rencana kegiatan sub bagian keuangan sebagai pedoman dalam melaksanakan pengelolaan administrasi keuangan;
    2. menyusun standar operasional prosedur dalam pelaksanaan kegiatan pada sub  bagian keuangan;
    3. meneliti kelengkapan Surat Permintaan Pembayaran Langsung (SPP-LS) yang diajukan oleh Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), Surat Permintaan Pembayaran Uang Persediaan (SPP-UP), Surat Permintaan Pembayaran Ganti Uang (SPP-GU)dan Surat Permintaan Pembayaran Tambah Uang (SPP-TU) yang diajukan bendahara pengeluaran serta menyiapkan Surat Perintah Membayar (SPM);
    4. melaksanakan penatausahaan penerimaan dan pengeluaran keuangan serta laporan pertanggungjawaban keuangan Dinas;
    5. menyusun laporan pelaksanaan pengelolaan keuangan berupa laporan bulanan Surat Pertanggung Jawaban (SPJ), dan Tahunan meliputi Laporan Realisasi Anggaran, neraca dan Calk) Dinas;
    6. melaksanakan pengawasan dan pengendalian pembukuan, perhitungan anggaran, verifikasi serta teknis pelaksanaan administrasi keuangan sesuai peraturan perundang-undangan; dan
    7. melaksanakan tugas lain yang diberikan olehatasan berkaitan dengan tugas pokok organisasi guna mendukung kinerja organisasi.

 

  • Sub BagianUmum dan Kepegawaian

 

  • Sub Bagian Umum dan Kepegawaian dipimpin oleh Kepala Sub Bagian yang mempunyai tugas pokok membantu Sekretaris dalam melaksanakan urusan ketatausahaan, pengelolaan administrasi barang, urusan rumah tangga serta mengelola administrasi kepegawaian dan fasilitasi rancangan produk hukum di lingkungan Dinas.

 

  • Tugas pokok Kepala Sub Bagian sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dirincisebagai berikut:
  1. menyusun rencana kegiatan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian sebagai pedoman dalam melaksanakan urusan umum dan kepegawaian;
  2. menyusun standar operasional prosedur dalam pelaksanan kegiatan pada Sub  Bagian Umum dan Kepegawaian;
  3. melaksanakan kegiatan ketatausahaan di lingkungan Badan;
  4. memfasilitasi penyusunan rancangan produk hukum;
  5. melaksanakan tugas keprotokoleran;
  6. menyusun rencana kebutuhan dan perlengkapan kantor, distribusi, penggunaan serta pemeliharaannya;
  7. mengelola administrasi  kepegawaian di lingkungan Badan;
  8. menyusun perencanaan dan pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur di lingkungan Badan;
  9. memfasilitasi pembuatan Sasaran Kerja Pegawai (SKP) dan penilaian kinerja bagi Aparatur Sipil Negara sesuai tugas pokok  dan fungsi di lingkup Badan;
  10. menyusun dan menginventarisir barang asset daerah yang dikelola oleh Badan;
  11. melakukan kegiatan pelayanan administrasi umum dan penyajian informasi; dan
  12. melaksanakan tugas lain yang diberikan olehatasan berkaitan dengan tugas pokok organisasi guna mendukung kinerja organisasi.

 

 

  1. Bidang Kesetaraan dan Data Gender

 

 

  • Bidang Kesetaraan dan Data Gender dipimpin oleh Kepala Bidang yang mempunyai tugas pokok membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan koordinasi, fasilitasi perumusan dan pelaksanaan kebijakan, evaluasi serta pelaporandi bidang kesetaraan dan data gender.

 

  • Untuk melaksanakan tugaspokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Bidang Kesetaraan dan Data Gender mempunyai fungsi sebagai berikut:
  1. perumusan kebijakan di bidang kesetaraan dan data gender;
  2. pelaksanaan kebijakan di bidang kesetaraan dan data gender;
  3. penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria di bidang kesetaraan dan data gender;
  4. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan di bidang kesetaraan dan data gender;dan
  5. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan berkaitan dengan tugas pokok organisasi guna mendukung kinerja organisasi.
  • Tugas pokok dan fungsi Kepala Bidangsebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) dirinci sebagai berikut:
  1. merumuskan rencana kegiatan bidang kesetaraan dan data gender;
  2. melaksanakan pelembagaan pengarusutamaan gender semua sektor pembangunan pada lembaga pemerintah;
  3. melaksanakan pemberdayaan perempuan di bidang politik, hukum, sosial dan ekonomi pada organisasi kemasyarakatan;
  4. melaksanakan peningkatan kualitas keluarga dalam mewujudkan kesetaraan gender;
  5. melaksanakan pengelolaan dan penyajian data dan informasi gender dan anak:
  6. melaksanakan administrasi bidang kesetaraan dan data gender;
  7. merumuskan laporan hasil pelaksanaan tugas bidang kesetaraan dan data gender,dan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan; dan
  8. melaksanakan tugas lain yang diberikan olehatasan berkaitan dengan tugas pokok organisasi guna mendukung kinerja organisasi.

 

  • Seksi Kesetaraan Gender Bidang Politik, Hukum, Sosial dan Ekonomi

 

  • Seksi Kesetaraan Gender Bidang Politik, Hukum, Sosial dan Ekonomidipimpin oleh Kepala Seksi yang mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Kesetaraan dan Data Gender dalam melaksanakan peningkatan kesetaraan gender bidang politik, hukum, sosial dan ekonomi.
  • Tugas pokok Kepala Seksi sebagaimana dimaksud pada ayat (1)dirinci sebagai berikut:
  1. menyusun rencana kerja Seksi Kesetaraan GenderBidang Politik, Hukum, Sosial dan Ekonomi;
  2. menyusunstandar operasional prosedur dalam pelaksanaan kegiatan pada Seksi Kesetaraan Gender Bidang Politik, Hukum, Sosial dan Ekonomi;
  3. melakukan koordinasi kelembagaan pengarusutamaan gender, dan pemberdayaan perempuan bidang politik, hukum, sosial dan ekonomi;
  4. melakukan pembinaan pengarusutamaan gender, dan pemberdayaan perempuan bidang politik, hukum, sosial dan ekonomi;
  5. melakukan kegiatan peningkatan kapasitas sumberdaya manusia dalam rangka pengarusutamaan gender, dan pemberdayaan perempuan bidang politik, hukum, sosial dan ekonomi;
  6. melakukan evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas seksi kesetaraan gender bidang politik, hukum, sosial dan ekonomi; dan
  7. melaksanakan tugas lain yang diberikan olehatasan berkaitan dengan tugas pokok organisasi guna mendukung kinerja organisasi.

 

  • Seksi Kesetaraan Gender Dalam Peningkatan Kualitas Keluarga

 

  • Seksi Kesetaraan Gender Dalam Peningkatan Kualitas Keluargadipimpin oleh Kepala Seksi yang mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Kesetaraan dan Data Gender dalam melaksanakan kesetaraan gender dalam peningkatan kualitas keluarga.
  • Tugas pokok Kepala Seksi sebagaimana dimaksud pada ayat (1)dirinci sebagai berikut:
  1. menyusun rencana kerja Seksi Kesetaraan Gender Dalam Peningkatan Kualitas Keluarga;
  2. menyusun standar operasional prosedur dalam pelaksanaan kegiatan pada Seksi Kesetaraan Gender Dalam Peningkatan Kualitas Keluarga;
  3. melakukan kegiatankesetaraan gender dalam peningkatan kualitas keluarga;
  4. melakukan koordinasi kelembagaan kesetaraan gender dalam peningkatan kualitas keluarga;
  5. melakukan pembinaan kesetaraan gender dalam peningkatan kualitas keluarga;
  6. melakukan evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas seksi kesetaraan gender dalam peningkatan kualitas keluarga; dan
  7. melaksanakan tugas lain yang diberikan olehatasan berkaitan dengan tugas pokok organisasi guna mendukung kinerja organisasi.

 

  • Seksi Data dan Informasi Gender dan Anak

 

  • Seksi Data dan Informasi Gender dan Anakdipimpin oleh Kepala Seksi yang mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Kesetaraan dan Data Gender dalam menyajikan data dan informasi gender dan anak.
  • Tugas pokok Kepala Seksi sebagaimana dimaksud pada ayat (1)dirinci sebagai berikut:
  1. menyusun rencana kerja Seksi Data dan Informasi Gender dan Anak;
  2. menyusunstandar operasional prosedur dalam pelaksanaan kegiatan pada Seksi Data dan Informasi Gender dan Anak;
  3. memproses penyajian data dan informasi gender dan anak;
  4. melakukan koordinasi forum data gender dan anak;
  5. merancang sistem layanan data dan informasi gender dan anak;
  6. melakukan evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan data dan informasi gender dan anak; dan
  7. melaksanakan tugas lain yang diberikan olehatasan berkaitan dengan tugas pokok organisasi guna mendukung kinerja organisasi.

 

  1. Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak

 

  • Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak dipimpin oleh Kepala Bidang yang mempunyai tugas pokok membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan koordinasi, fasilitasi perumusan dan pelaksanaan kebijakan, evaluasi serta pelaporandi bidang perlindungan perempuan dan anak.
  • Untuk melaksanakan tugaspokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak mempunyai fungsi sebagai berikut:
  1. perumusan kebijakan di Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak;
  2. pelaksanaan kebijakan di bidang perlindungan perempuan dan anak;
  3. penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria di bidang perlindungan perempuan dan anak;
  4. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan di bidang perlindungan perempuan dan anak;dan
  5. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan berkaitan dengan tugas pokok organisasi guna mendukung kinerja organisasi.
  • Tugas pokok dan fungsi Kepala Bidang sebagaimana dimaksud pada  ayat (1) dan ayat (2) dirincisebagai berikut:
  1. merumuskan rencana kegiatan bidang perlindungan perempuan dan anak;
  2. melaksanakan upaya pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak;
  3. melaksanakan penguatan lembaga penyedia layanan perlindungan perempuan dan anak;
  4. melaksanakan pemenuhan hak anak pada lembaga Pemerintah dan NonPemerintah;
  5. melaksanakan penguatan lembaga penyedia layanan bagi anak yang memerlukan perlindungan khusus;
  6. melaksanakan administrasi bidang kesetaraan gender dan anak;
  7. merumuskan laporan hasil pelaksanaan tugas bidang perlindungan perempuan dan anakdan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan; dan
  8. melaksanakan tugas lain yang diberikan olehatasan berkaitan dengan tugas pokok organisasi guna mendukung kinerja organisasi.
    • Seksi Perlindungan Hak Perempuan

 

  • Seksi Perlindungan Hak Perempuandipimpin oleh Kepala Seksi yang mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak dalam melakukan perlindungan hak perempuan.

 

  • Tugas pokok Kepala Seksi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dirincisebagai berikut:
  1. menyusun rencana kerja Seksi Perlindungan Hak Perempuan;
  2. menyusun standar operasional prosedur dalam pelaksanaan kegiatan pada Seksi Perlindungan Hak Perempuan;
  3. melakukan kegiatan di bidang pencegahan dan perlindungan perempuan dari tindak kekerasan dalam rumah tangga, di bidang ketenagakerjaan, dalam situasi darurat dan kondisi khusus serta dari tindak pidana perdagangan orang;
  4. melakukan koordinasi pada lembaga pencegahan dan penanganan, perlindungan dan pemberdayaan perempuan korban kekerasan di dalam rumah tangga, di bidang ketenagakerjaan, dalam situasi darurat dan kondisi khusus serta dari tindak pidana perdagangan orang;
  5. melakukan pembinaan kelembagaan layanan bagi perempuan korban kekerasan di dalam rumah tangga, di bidang ketenagakerjaan, dalam situasi darurat dan kondisi khusus serta dari tindak pidana perdagangan orang;
  6. melakukan peningkatan kapasitas sumberdaya petugas layanan bagi perempuan korban kekerasan di dalam rumah tangga, di bidang ketenagakerjaan, dalam situasi darurat dan kondisi khusus serta dari tindak pidana perdagangan orang;
  7. melakukan kerjasama dan kemitraan dalam perlindungan hak perempuan;
  8. melakukan evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan data dan informasi gender dan anak; dan
  9. melaksanakan tugas lain yang diberikan olehatasan berkaitan dengan tugas pokok organisasi guna mendukung kinerja organisasi.

 

  • Seksi Pemenuhan Hak dan Perlindungan Khusus Anak

 

  • Seksi Pemenuhan Hak dan Perlindungan Khusus Anakdipimpin oleh Kepala Seksi yang mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak dalam melakukan pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak.
  • Tugas pokok Kepala Seksi sebagaimana dimaksud pada ayat (1)dirinci sebagai berikut:
  1. menyusun rencana kerja Seksi Pemenuhan Hak dan Perlindungan Khusus Anak;
  2. menyusun standar operasional prosedur dalam pelaksanaan kegiatan pada Seksi Pemenuhan Hak dan Perlindungan Khusus Anak;
  3. melakukan kegiatan dalam pemenuhan hak anak di bidang kesehatan dasar, kesejahteraan, pengasuhan alternatif, pendidikan, pembangunan dan kegiatan budaya, serta kegiatan dalam upaya perlindungan khusus anak;
  4. melakukan koordinasi pada lembaga pemenuhan hak anak di bidang kesehatan dasar, kesejahteraan, pengasuhan alternatif, pendidikan, pembangunan dan kegiatan budaya, serta  lembaga perlindungan khusus anak;
  5. melakukan pembinaan tekhnis layanan pemenuhan hak anak di bidang kesehatan dasar, kesejahteraan, pengasuhan alternatif, pendidikan, pembangunan dan kegiatan budaya, serta perlindungan khusus anak;
  6. melakukan peningkatan kapasitas sumberdaya petugas layananperlindungan khusus anak;
  7. melakukan kerjasama dan kemitraan dalam pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak;
  8. melakukan evaluasi dan menyusun laporan pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak; dan
  9. melaksanakan tugas lain yang diberikan olehatasan berkaitan dengan tugas pokok organisasi guna mendukung kinerja organisasi.

 

  • Seksi Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak

 

  • Seksi Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anakdipimpin oleh Kepala Seksi yang mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak dalam melakukan pelayanan terpadu perlindungan perempuan dan anak.
  • Tugas pokok Kepala Seksi sebagaimana dimaksud pada ayat (1)dirinci sebagai berikut:
    1. menyusun rencana kerja Seksi Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak;
    2. menyusun standar operasional prosedur dalam pelaksanaan kegiatan pada Seksi Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak;
    3. melakukan koordinasi lintas sektor dalam penyediaan layanan terpadu perlindungan perempuan dan anak;
    4. merancang pemenuhan sarana dan prasarana pendukung Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A);
    5. melakukan pelayanan perlindungan perempuan dan anak berdasarkan standar nasional pelayanan mutu;
    6. melakukan pembinaan tekhnis bagi tenaga pengelola dan petugas layanan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A);
    7. melakukan kegiatan layanan pemberdayaan korban atau keluarga rentan untuk mendukung pencegahan dan pengurangan risiko terjadinya kekerasan;
    8. melakukan pencatatan dan pelaporan kegiatan Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A);
    9. melakukan kerjasama dan kemitraan pengembangan layanan terpadu perlindungan perempuan dan anak;
    10. melakukan evaluasi dan menyusun laporan layanan terpadu perlindungan perempuan dan anak; dan
    11. melaksanakan tugas lain yang diberikan olehatasan berkaitan dengan tugas pokok organisasi guna mendukung kinerja organisasi.

 

  1. Bidang Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Penggerakan

 

  • Bidang Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Penggerakandipimpin oleh Kepala Bidang yang mempunyai tugas pokok membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan koordinasi, fasilitasi perumusan dan pelaksanaan kebijakan, evaluasi serta pelaporan di bidang pengendalian penduduk, penyuluhan dan penggerakan.

 

  • Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Bidang Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Penggerakanmempunyai fungsi sebagai berikut:
  1. perumusan kebijakan di Bidang Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Penggerakan;
  2. pelaksanaan kebijakan di bidang pengendalian penduduk, penyuluhan dan penggerakan;
  3. penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria di bidang pengendalian penduduk, penyuluhan dan penggerakan;
  4. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan di bidang pengendalian penduduk, penyuluhan dan penggerakan; dan
  5. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan berkaitan dengan tugas pokok organisasi guna mendukung kinerja organisasi.
  • Tugas pokok dan fungsi Kepala Bidangsebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) dirinci sebagai berikut:
  1. merumuskan rencana kegiatan bidang pengendalian penduduk, penyuluhan dan penggerakansebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. melaksanakan advokasi dan penggerakan program kependudukan, Keluarga Berencana dan pembangunan keluarga;
  3. melaksanakan pemaduan dan sinkronisasi kebijakan Pemerintah Daerah  dalam rangka pengendalian kuantitas penduduk;
  4. melaksanakan pemetaan perkiraan (parameter) pengendalian penduduk;
  5. melaksanakan pendayagunaan tenaga Penyuluh Keluarga Berencana/Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PKB/PLKB);
  6. melaksanakan pemantauan dan evaluasi di bidang pengendalian penduduk, penyuluhan dan penggerakan;
  7. merumuskan laporan hasil pelaksanaan tugas bidang pengendalian penduduk, penyuluhan dan penggerakandan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan; dan
  8. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan berkaitan dengan tugas pokok organisasi guna mendukung kinerja organisasi.

 

  • Seksi Advokasi dan Penggerakan

 

  • Seksi Advokasi dan Penggerakandipimpin oleh Kepala Seksi yang mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Penggerakan dalam melakukan advokasi dan penggerakan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga.
  • Tugas pokok Kepala Seksi sebagaimana dimaksud pada ayat (1)dirinci sebagai berikut:
  1. menyusun rencana kerja Seksi Advokasi dan Penggerakan;
  2. menyusun standar operasional prosedur dalam pelaksanaan kegiatan pada Seksi Advokasi dan Penggerakan;
  3. melakukaan advokasi program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga;
  4. merancang pemenuhan sarana dan prasarana informasi dan edukasi  program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga;
  5. melakukan kegiatan penggerakan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga;
  6. melakukan kerjasama dan kemitraan dalam melakukan advokasi dan penggerakan;
  7. melakukan evaluasi dan menyusun laporan advokasi dan penggerakan; dan
  8. melaksanakan tugas lain yang diberikan olehatasan berkaitan dengan tugas pokok organisasi guna mendukung kinerja organisasi.

 

  • Seksi Penyuluhan dan Pendayagunaan Petugas Lapangan Keluarga Berencana

 

  • Seksi Penyuluhan dan Pendayagunaan Petugas Lapangan Keluarga Berencana dipimpin oleh Kepala Seksi yang mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Penggerakandalam melakukan penyuluhan dan pendayagunaan Petugas Lapangan Keluarga Berencana.
  • Tugas pokok Kepala Seksi sebagaimana dimaksud pada ayat (1)dirinci sebagai berikut:
  1. menyusun rencana kerja Seksi Penyuluhan Dan Pendayagunaan Petugas Lapangan Keluarga Berencana;
  2. menyusun standar operasional prosedur dalam pelaksanaan kegiatan pada Seksi Penyuluhan dan Pendayagunaan Petugas Lapangan Keluarga Berencana;
  3. merancang pendayagunaan tenaga penyuluh Keluarga Berencana/Petugas Lapangan Keluarga Berencana;
  4. menyusun bahan monitoring dan evaluasi pendayagunaan tenaga penyuluh Keluarga Berencana/Petugas Lapangan Keluarga Berencana;
  5. melakukan pembinaan tenaga penyuluh Keluarga Berencana/Petugas Lapangan Keluarga Berencana;
  6. merancang pemenuhan fasilitasi di bidang penyuluhan dan pendayagunaan Petugas Lapangan Keluarga Berencana;
  7. melakukan evaluasi dan menyusun laporan kegiatan penyuluhan dan pendayagunaan Petugas Lapangan Keluarga Berencana; dan
  8. melaksanakan tugas lain yang diberikan olehatasan berkaitan dengan tugas pokok organisasi guna mendukung kinerja organisasi.

 

  • Seksi Pengendalian Penduduk dan Informasi Keluarga

 

  • Seksi Pengendalian Penduduk dan Informasi Keluargadipimpin oleh Kepala Seksi yang mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Penggerakan dalam melakukan upaya pengendalian penduduk dan informasi keluarga.
  • Tugas pokok Kepala Seksi sebagaimana dimaksud pada ayat (1)dirinci sebagai berikut:
  1. menyusun rencana kerja Seksi Pengendalian Penduduk dan Informasi Keluarga;
  2. menyusun standar operasional prosedur dalam pelaksanaan kegiatan pada Seksi Pengendalian Penduduk dan Informasi Keluarga;
  3. melaksanakan pengolahan analisis data kependudukan dan informasi keluarga;
  4. menganalisis dan mengkaji proyeksi perkiraan pengendalian penduduk cakupan kabupaten;
  5. melakukan analisis dampak kependudukan terhadap pembangunan Daerah;
  6. mengumpulkan dan menyajikan data dan informasi program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga;
  7. mengelola dan merancang teknologi data dan informasi sesuai kebutuhan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga;
  8. melakukan evaluasi dan menyusun laporan pengendalian penduduk dan informasi keluarga;dan
  9. melaksanakan tugas lain yang diberikan olehatasan berkaitan dengan tugas pokok organisasi guna mendukung kinerja organisasi.

 

 

  1. BidangKeluarga Berencana, Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga

 

  • Bidang Keluarga Berencana, Ketahanan dan Kesejahteraan Keluargadipimpin oleh Kepala Bidang yang mempunyai tugas pokok membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan program keluarga berencana, ketahanan dan kesejahteraan keluarga.

 

  • Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Bidang Keluarga Berencana, Ketahanan dan Kesejahteraan Keluargamempunyai fungsi sebagai berikut:

 

  1. perumusan kebijakan di Bidang Keluarga Berencana, Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga;
  2. Pelaksanaan kebijakan di bidang keluarga berencana, ketahanan dan kesejahteraan keluarga;
  3. Penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria di bidang keluarga berencana, ketahanan dan kesejahteraan keluarga;
  4. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan dibidang keluarga berencana, ketahanan dan kesejahteraan keluarga; dan
  5. pelaksanaan tugas lain yang diberikan olehatasan berkaitan dengan tugas pokok organisasi guna mendukung kinerja organisasi.

 

  • Tugas pokok dan fungsi Kepala Bidang bagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) dirincisebagai berikut:
  1. merumuskan rencana kegiatan Bidang Keluarga Berencana, Ketahanan dan Kesejahteraan Keluargasebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. melaksanakan pemenuhan kebutuhan ber-KB;
  3. mengembangkan fungsi kelompok Bina Keluarga Balita (BKB),  Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL) dan Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R);
  4. mengembangkanpemberdayaan keluarga sejahtera melalui usaha mikro keluarga;
  5. melaksanakan pembinaan kesertaan ber-KB;
  6. melaksanakan pemantauan dan evaluasi di bidang keluarga berencana, ketahanan dan kesejahteraan keluarga;
  7. melaksanakan pemantauan dan evaluasi di bidang keluarga berencana, ketahanan dan kesejahteraan keluarga;
  8. merumuskan laporan hasil pelaksanaan tugas bidang keluarga berencana, ketahanan dan kesejahteraan keluargadan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan; dan
  9. melaksanakan tugas lain yang diberikan olehatasan berkaitan dengan tugas pokok organisasi guna mendukung kinerja organisasi.

 

 

  • Seksi Pemenuhan Kebutuhan Ber-KB

 

  • Seksi Pemenuhan Kebutuhan Ber-KBdipimpin oleh Kepala Seksi yang mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Keluarga Berencana, ketahanan dan kesejahteraan keluarga dalam melakukan upaya pemenuhan kebutuhan ber-KB.
  • Tugas pokok Kepala Seksi sebagaimana dimaksud pada ayat (1)dirinci sebagai berikut:
  1. menyusun rencana kerja Seksi Pemenuhan Kebutuhan ber-KB;
  2. menyusun standar operasional prosedur dalam pelaksanaan kegiatan pada Seksi Pemenuhan Kebutuhan Ber-KB;
  3. melakukan pengendalian dan pendistribusian kebutuhan alat kontrasepsi;
  4. merancang pemenuhan sarana dan prasarana pemenuhan kebutuhan ber-KB;
  5. melakukan pemenuhan alat kontrasepsi bagi peserta KB baru dan aktif;
  6. melakukan  perencanaan dan pengadministrasian gudang alat dan obat kontrasepsi;
  7. melakukan evaluasi dan menyusun laporan pemenuhan kebutuhan ber-KB;dan
  8. melaksanakan tugas lain yang diberikan olehatasan berkaitan dengan tugas pokok organisasi guna mendukung kinerja organisasi.

 

 

  • Seksi Pembinaan Kesertaan Ber-KB

 

  • Seksi Pembinaan Kesertaan Ber-KBdipimpin oleh Kepala Seksi yang mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Keluarga Berencana, ketahanan dan kesejahteraan keluarga dalam melakukan upaya pembinaan kesertaan ber-KB.
  • Tugas pokok Kepala Seksi sebagaimana dimaksud pada ayat (1)dirinci sebagai berikut:
  1. menyusun rencana kerja Seksi Pembinaan Kesertaan Ber-KB;
  2. menyusun standar operasional prosedur dalam pelaksanaan kegiatan pada Seksi Pembinaan Kesertaan Ber-KB;
  3. melakukan pelayanan KB bagi peserta KB baru dan peserta KB aktif;
  4. melakukan pembinaan kesertaan ber-KB;
  5. melakukan kerjasama dan kemitraan dengan organisasi dan lembaga dalam pelayanan KB;
  6. melakukan koordinasi dalam penanggulangan komplikasi, efek samping dan kegagalan ber-KB;
  7. melakukan evaluasi dan menyusun laporan pembinaan kesertaan ber-KB;dan
  8. melaksanakan tugas lain yang diberikan olehatasan berkaitan dengan tugas pokok organisasi guna mendukung kinerja organisasi.

 

  • Seksi Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga

 

  • Seksi Ketahanan dan Kesejahteraan Keluargadipimpin oleh Kepala Seksi yang mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Keluarga Berencana, ketahanan dan kesejahteraan keluarga dalam melakukan ketahanan dan upaya kesejahteraan keluarga.
  • Tugas pokok Kepala Seksi sebagaimana dimaksud pada ayat (1)dirinci sebagai berikut:
  1. menyusun rencana kerja Seksi Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga;
  2. menyusun standar operasional prosedur dalam pelaksanaan kegiatan pada Seksi Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga;
  3. melakukan kegiatan peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga;
  4. melakukan pembinaan kelompokBina Keluarga Balita, Bina Keluarga Remaja dan Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R), Bina Keluarga Lansia dan Rentan;
  5. melakukan pembinaan pemberdayaan keluarga sejahtera melalui usaha mikro keluarga;
  6. melakukan kerjasama dengan instansi terkait ketahanan dan kesejahteraan keluarga;
  7. melakukan evaluasi dan menyusun laporan ketahanan dan kesejahteraan keluarga;dan

melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan berkaitan dengan tugas pokok organisasi guna menduk