Forum Anak di Sinjai Dilatih Memetakan Masalah Sosial

DP3AP2KBSINJAI,-Ratusan pengurus Forum Anak dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Sinjai, mengikuti kegiatan penguatan Forum Anak dan pemilihan Duta Anak di Ruang Pola Eks Kantor Bupati Sinjai, Sabtu (10/2/2018).

Pada kegiatan ini, anggota Forum Anak dilatih melakukan identifikasi masalah di wilayahnya, kemudian menuliskan dan merumuskan langkah-langkah yang harus ditempuh untuk menangani masalah tersebut.

Semua peserta dibagi per klaster, misalnya klaster pendidikan, kesehatan, hingga klaster hukum. Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB (DP3AP2KB) Sinjai, Hj. Mas ati, penguatan Forum Anak adalah upaya pihaknya mendorong peningkatan partisipasi anak dalam proses pembangunan di daerah.

Sebelum pelaksanaan simulasi Forum Anak, Bupati Sinjai yang diwakili Asisten 3 Setdakab Sinjai, H. Akmal MS, usai membuka acara ini, melantik pengurus Forum Anak se-Kabupaten Sinjai.

”Kepada semua pihak yang terkait dan bertanggung jawab dalam eksistensi dan peran aktif forum anak, untuk selalu berkordinasi, saling membantu dan mengingatkan serta yang paling utama yaitu membangun pemahaman yang sama dan komitmen yang kuat dalam hal perlindungan dan hak-hak anak,” pinta Asisten 3 Setdakab Sinjai.

Akmal juga mengapresiasi peran DP3AP2KB Sinjai yang terus mendorong adanya pembekalan hak-hak, dan kewajiban serta bentuk partisipasi anak dalam berbagai aspek dan pembangunan.

Hadir pula pada kegiatan ini, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sulsel, Hj. Andi Murlina PA, yang memberikan materi pemetaan permasalahan Anak di Desa/Kelurahan dan Kecamatan. (sumber:sinjai.info)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *